REVIEW FILM PIRATES OF SILICON VALLEY

Pirates of Silicon Valley merupakan suatu film tentang perseteruan Steve Jobs & Bill Gates (Apple & Machintos). Dalam film ini diceritakan bagaimana Gates dan Steve memulai segalanya dari bawah. Pada 1975, Gates dan rekannya Paul Allen mendirikan Microsoft. Dan pada 1976, Jobs dan rekannya Steve Wozniac mendirikan Apple Inc.

Cerita ini berawal dari Steve Jobs besama sahabatnya Steve Wozniak bertujuan untuk mengubah dunia. Karena mereka sama-sama pintar dan jenius, mereka pun pernah menciptakan sebuah alat mirip tone dialer yang dapat menjebol jaringan AT&T agar bisa melakukan pembicaraan telepon jarak jauh secara gratis, padahal hal tersebut illegal dan melanggar hukum. jobs muda, yang berada di masa awal tahun 70an, seperti kebanyakan orang di masanya sering bertindak gila dan menggunakan acid, obat terlarang yang terkenal  pada masa itu. dan satu lagi dia sangat membenci ibm yang saat itu merupakan perusahaan komputer raksasa. sementara rekannya wozniak adalah orang yang lebih pendiam dari jobs yang selalu menjaga dan mem-backup jobs jika dia telah berbuat terlalu jauh. keduanya mulai mendirikan apple computer inc. di garasi rumah jobs.

Dilain pihak, ada seorang bill gates yang sejak smu sudah tertarik dengan program komputer dan sering mengutak-atik, salah satunya adalah dengan mencurangi sistem absensi sehingga bisa menempatkannya di kelas dengan siswi-siswi yang cantik. bersama paul allen, mereka percaya bahwa masa depan ada di software. bill gates bahkan keluar dari kuliahnya di harvard demi mendirikan perusahaannya sendiri.

pada bagian awal diceritakan bagaimana bill gates dan steve memulai segalanya dari bawah. bill gates dan rekannya paul allen mendirikan microsoft. sedangkan jobs dan rekannya steve wozniac mendirikan apple inc, di garasi. waktu itu mereka mampu menjual komputer apple i yang awalnya dibungkus kayu & menggunakan layar tv bekas.

dalam film ini terdapat 2 kubu yang memajukan perusahaan mereka dengan hasil karya orang lain. di kubu jobs, kejayaan apple dimulai ketika mereka berhasil menciptakan komputer yg memiliki gui yang menarik, dgn digunakannya mouse. ide penggunaan mouse dan grafik tsb mereka curi dari xerox. pihak xerox mengijinkan jobs dkk melihat hasil karyanya karena tdk menyadari dahsyatnya pemanfaatannya.  steve jobs sama sekali tidak malu mengakui bahwa dia telah melakukan pencurian. justru dia bangga dan menjadikan pencurian sebagai motto perusahaannya “ seniman baik meniru, seniman hebat mencuri “. bahkan di depan kantorny dikibarkan bendera bajak laut.

pada saat apple sudah besar, microsoft masih merupakan perusahaan kecil. namun produk basic mereka cukup menarik bagi ibm. dan suatu saat bertemulah kubu gates dengan petinggi ibm. pada pertemuan tersebut, bill gates berhasil meyakinkan ibm bahwa mereka memiliki produk yg dibutuhkan ibm. padahal gates dkk. tdk mempersiapkan apapun ketika berangkat ke pertemuan. bahkan dasi bill gates pun dibeli dari seseorang yang sedang buang air di airport. terang saja bill gates dkk. kebingungan untuk memenuhi janji mereka ini. dan di tengah-tengah kebingungan tersebut, allen mengunjungi sebuah software house kecil. di sana dia melihat program dos, dan memutuskan untuk membeli beserta lisensinya. program tersebutlah yang akhirnya dijual kembali oleh kubu bill gates kepada ibm. dan itu pun dengan lisensi yang masih dipegang microsoft. program itu kemudian menjadi ms dos, yang ada di seluruh komputer yang menggunakan windows saat ini. bayangkan betapa sakit hatinya si pencipta dos bila mengetahui hal ini. kerjasama dengan ibm tersebut membuat microsoft terus berkembang, tetapi masih tetap di bawah apple inc.

sampai saat itu, apple selalu selangkah lebih maju. hal ini membuat bill gates penasaran dan datang menemui jobs. entah apa yang dia gunakan sehingga steve jobs mau menunjukkan prototype yang sedang dikembangkan apple. dan hebatnya lagi, steve jobs bahkan memberi bill gates 1 buah prototype karena gates berjanji untuk ikut mengembangkannya.setelah sekian lama tidak ada kabarnya, jobs pun mulai tersadar bahwa prototype yang dlu diberikan kepada bill gates ternyata telah digunakan bill gates untuk mengembangkan perusahaannya. dia pun memanggil gates dengan penuh amarah. di sini lagi-lagi terlihat bakat negoisator seorang bill gates. dia sekali lagi berhasil meyakinkan steve jobs bahwa dia sedang membantu melakukan pengembangan. dan akhirnya tibalah saat peluncuran komputer apple yang berasal dari prototype tersebut.gates diberi kesempatan untuk turut bergabung dengan steve.ketika  sedang di podium, steve jobs mendapat kabar bahwa di jepang sudah beredar komputer dengan program yang mirip dengan produk apple itu. program tersebut tak lain adalah microsoft windows. steve jobs sangat marah dan akhirnya melabrak gates. dan ketika jobs memarahi bill gates, bill gates berkata: semua mobil punya roda kemudi, tapi tak ada satu pun yang menggugat bahwa roda kemudi itu adalah penemuannya. namun jobs tetap egois bahwa ciptaannya adalah yang terbaik.

tiga bulan setelah hari ulang tahunnya steve dipecat oleh john sculley karena sifatnya yang tidak baik dan kemudian jobs kembali ke keluarganya bersama arlene dan anak-anaknya, sedangkan wozniak bekerja sebagai pengajar komputer untuk anak-anak dan mendanai balet. pada tahun 1997 steve kembali ke apple inc. kini microsoft memiliki saham di apple inc. bill gates sekarang telah menjadi orang terkaya di dunia.

This entry was posted in technopreneuship and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s