Sejarah ASP

Meskipun sudah mulai terasa bahwa teknologi Microsoft@ Active Server Pages telah bcrjalan lama, teknologi ini secara nyata merupakan sebuah teknologi barn, yang diperkenalkan pada tahun 1996. Sebelum ASP, para pengembang software telah membuat web site aktif dalam sebuah flatform Microsoft menggunakan CGI dan ISAPI, dimana kedua-duanya mengambil bagian dalam perkembangan ASP. Pada tahun 1996, Microsoft memperkenalkan Active Server Pages . ASP memudahkan pengembang software untuk mengeksekusibaris kode ke dalam halaman web. Meskipun teknologi ASP relatif barn dalam pembuatan web dinamis, dalam jangka waktu yang pendek ASP berkembang menjadi salu dari produk pembuatan website dinamis terpenting. Sejak 19%, ada beberapa versi dari ASP.

Pada tahun 1998, Microsoft@ memperkenalkan ASP 2.0 sebagai bagian dari Windows NT 4.0. Dengan ASP 2.0 dan liS 4.0, aplikasi ASP dan beberapa komponen bagianbagiannya dapat dibuat dalam suatu tempat memori dari tempal web server dengan adanya perbaikan kesalahan. Pada tahun 2000, dengan lebih mengantisipasi dikeluarkannya Windows 2000 dan lIS 5.0, Microsoft@ meluncurkan ASP 3.0. Perbedaan antara kemampuan ASP 2.0 dan ASP 3.0 tidak begitu terlihat. Bagaimanapun juga, pada saat beIjalan di Windows 2000, performa ASP mengalami kemajuan yang cukup pesat. Sekitar bulan Juli 2000 .NET untuk pertama kalinya diperkenalkan di muka umum, berikut bahasa pemrograman barn cn (C-sharp) dan berharap dapat memberikan kontribusi yang baik dan lebih fleksibel dari sebelumnya. Teknologi ini diharapkan memberikan dukungan yang luas terhadap berbagai macam standar internet.

ramework .NET adalah suatu komponen Windows yang terintegrasi yang dibuat dengan tujuan untuk mensupport pengembangan berbagai macam jenis aplikasi serta untuk dapat menjalankan berbagai macam aplikasi generasi mendatang termasuk pengembangan aplikasi Web Services XML. Framework .NET di design untuk dapat memenuhi beberapa tujuan berikut ini:

  1. Untuk menyediakan environment kerja yang konsisten bagi bahasa pemrograman yang berorientasi objek baik kode objek itu di simpan dan di eksekusi secara lokal, atau dieksekusi secara lokal tapi didistribusikan melalui internet atau dieksekusi secara remote.
  2. Untuk menyediakan environment kerja di dalam mengeksekusi kode yang dapat meminimaliasi proses software deployment dan menghindari konflik penggunaan versi software yang di buat.
  3. Untuk menyediakan environment kerja yang aman dalam hal pengeksekusian kode, termasuk kode yang dibuat oleh pihak ketiga.
  4. Untuk menyediakan environment kerja yang dapat mengurangi masalah pada persoalan performa dari kode atau dari lingkungan interpreter nya.
  5. Membuat para developer lebih mudah mengembangkan berbagai macam jenis aplikasi yang lebih bervariasi, seperti aplikasi berbasis windows dan aplikasi berbasis web.
  6. Membangun semua komunikasi yang ada di dalam standar industri untuk memastikan bahwa semua kode aplikasi yang berbasis Framework .NET dapat berintegrasi dengan berbagai macam kode aplikasi lain

Sebagai salah satu sarana untuk dapat memenuhi tujuan di atas, maka dibuatlah berbagai macam bahasa pemrograman yang dapat digunakan dan dapat berjalan di atas platform Framework .NET seperti bahasa C#, VB.NET, J#, Perl.NET dan lain-lain. Masing-masing bahasa tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun yang pasti, apapun bahasa pemrograman yang digunakan, semuanya akan dapat saling berkomunikasi dan saling compatible satu dengan yang lainnya dengan bantuan Framework .NET.

C# adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan Microsoft dibawah kepemimpinan Anders Hejlsberg. Anders Hejlsberg ini juga yang sebenarnya mengembangkan berbagai macam bahasa pemrograman termasuk Borland Turbo C++ dan Borland Delphi. Bahasa pemrograman C# juga telah di standarisasi secara internasional oleh ECMA.

Seperti halnya bahasa pemrograman yang lain, C# bisa digunakan untuk membangun berbagai macam jenis aplikasi, seperti aplikasi berbasis windows (desktop) dan aplikasi berbasis web serta aplikasi berbasis web services. C# sangat tepat digunakan untuk pemrograman berbasis Framework .NET karena berbagai kelebihan dan yang paling penting adalah menggunakan paradigma berorientasi obyek

This entry was posted in ASP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s