Variabel Pada ASP

Pada dasarnya hanya ada satu jenis variabel dalam ASP, yaitu variant. Hanya saja untuk kemudahan dalam pengolahan, variabel pada ASP dapat dibedakan menjadi  5 yaitu: objek, string, numerik, date & time, dan boolean. Variabel obyek dibuat ketika kita ingin memprogram menggunakan obyek khusus seperti obyek Scripting. File System Object, obyek CDONTS.NewMail, dan lain-lain. Variabel string adalah variabel yang berisi teks, sedangkan variabel numerik adalah variabel yang berisi bilangan, baik bilangan bulat maupun bilangan pecahan. Variabel date time berisi informasi tanggal dan waktu, sedangkan variabel berjenis boolean berisi nilai logika True atau False.

Pendeklarasian variabel pada ASP bersifat opsional, yaitu boleh dilakukan boleh juga tidak. Pendeklarasian tersebut biasanya digunakan untuk mempermudah pemeliharaan
variabel-variabel  dalam aplikasi. Pendeklarasian variabel dapat dibuat mutlak, yaitu harus dideklarasikan dengan cara menambahkan statement <% Option Explicit %> di bagian atas program, sebelum  menuliskan  perintah-perintah  ASP lainnya.

Contoh :
<html>
<body>

<%
dim kelas
kelas=”D3 MI 4B”
response.write(“We Love: ” & kelas)
%>

</body>
</html

Cara mendeklarasikan variable dalam pemrograman ASP, kita menggunakan statemen DIM seperti dibawah ini :
Dim nama_variabel
contohnya :
Dim nilai

Setelah melakukan deklarasi seperti contoh diatas barulah kita mengisikan sebuah nilai pada variable tersebut. Untuk mengisinya kita gunakan operator penugasan (assignment operator) seperti :
nilai = 15

Variable diatas bernilai bernilai numerik 15. Ada beberapa petunjuk pemberian nama variable diantaranya, harus dimulai dengan suatu karakter alpabetik, tidak dapat mengandung titik atau karakter untuk deklarasi tipe, harus unik dengan jangkauan yang samaa (lihat yang dibawah ini untuk catatan tentang jangkauan, harus berupa 255 karakter atau kurang. Contoh dalam pendeklarasian suatu variable dalam sebuah program pendek looping. Beberapa variable tidak dapat diubah nilainya selama program dieksekusi dan dapat kita jadikan sebagai konstanta. Nilai konstanta tetap sampai program berakhir, pendefinisian konstanta dilakukan bersama  dengan pendeklarasian nya.Contoh:

Const nama_konstanta = nilanya_konstanta,

Misalnya  Const pi =3.14

Konstanta sangat berguna dalam perhitungan-perhitungan dalam matematika dan fisika. Konstanta juga memiliki batas definisi, jadi sebuah konstanta bisa pula memiliki batas definisi yang local maupun global, cara melakukan pembatasan ini sama dengan pada variable, yaitu ;
Public Const pi = 3.14
Private Const nama = “Ari Fadli”

Contoh  Program

contoh untuk menampilkan tulisan 1 hingga 5 dengan ASP pada web browser.

 

<HTML>

<Head><Title>Contoh 1</Title></Head>

<Body>

<% For I = 1 to 5 %>

Looping ke <%= I%><BR>

<% next%>

</Body>

</HTML>

This entry was posted in ASP. Bookmark the permalink.

One Response to Variabel Pada ASP

  1. Pingback: Nanang Agung Nugroho » Variable dalam ASP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s